Wakaf Sumur

Saad bin Ubadah RA bertanya kepada Rasulullah SAW, Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama? Beliau menjawab, Memberi air. (Shahih Abu Daud).
2 months ago Kategori donasi : Wakaf

Air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Tanpa adanya air, makhluk hidup akan kesulitan untuk mempertahankan hidupnya. Maka, memberi air sama dengan memberikan kehidupan bagi makhluk hidup, serta menjaga keberlangsungan kehidupan secara terus menerus.


Saad bin Ubadah RA bertanya kepada Rasulullah SAW, Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama? Beliau menjawab, Memberi air. (Shahih Abu Daud).


Program Wakaf Sumur merupakan program wakaf dalam bentuk penyediaan sumur beserta kelengkapannya hingga dapat mengalirkan air yang layak dikonsumsi dan dimanfaatkan untuk menopang kehidupan masyarakat.


Program Wakaf Sumur Tenda Visi Indonesia dikhususkan untuk daerah yang sering dilanda kekeringan, tidak memiliki akses air bersih yang layak, jauh dari sumber air, dan permasalahan akses kebutuhan air lainnya.


Ketersediaan air mampu memberikan solusi bagi berbagai permasalahan pokok masyarakat, seperti menurunkan tingkat kelaparan, kemiskinan, hingga memberikan solusi terhadap peningkatan penyakit yang menyerang masyarakat akibat kurangnya ketersediaan air yang bersih dan layak.


Pada tahun 2017, Program Wakaf Sumur Yayasan Tenda Visi Indonesia berhasil dibangun di daerah kekeringan dan rawan akidah, yaitu di daerah Kampung Situ Sipatahunan Baleendah. Hingga kini, sumur dimanfaatkan oleh ratusan warga setempat untuk keberlangsungan kehidupannya.





Adapun lokasi-lokasi implementasi yang saat ini membutuhkan akses air bersih diantaranya di Desa Weninggalih Kabupaten Bandung Barat, dan kecamatan lainnya berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Bandung, yaitu kecamatan Baleendah, Arjasari, Banjaran, Dayeuhkolot, dan Soreang.




Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh(HR. Muslim no. 1631)


Wakaf Tunai Sahabat akan digabungkan dengan wakaf tunai dari wakif (donatur wakaf) lainnya dan Tenda Visi Indonesia akan menyalurkan Wakaf dalam bentuk pembangunan sumur beserta kelengkapannya (ketika telah terpenuhi minimal mencukupi untuk 1 sumur) hingga dapat mengalirkan manfaat berupa air bersih dan layak dikonsumsi bagi masyarakat yang membutuhkan.

Nama NIK Alamat Jumlah Terima Tanggal Terima
Belum ada cerita

Terkumpul

Rp. 0

Target

Rp. 55.000.000
0%
Sisa Hari :
32 hari lagi

Copyright © 2018 Tenda Visi. All Rights Reserved